Pages

Senin, 30 Mei 2011

Lompat Tinggi


1.   Lompat Tinggi Gaya Guling Perut (straddle)
a.      Pengertian Lompat Tinggi
Adalah suatu gerakan yang diawali dengan lari, menumpu, dan menolak dengan salah satu kaki setinggi-tingginya untuk melewati mistar yang telah dipasang di atas penompang tiang lompat dengan gaya tertentu.
Teknik dalam lompat tinggi meliputi :
1)      Awalan
Pengambilan awalan biasanya menggunakan 3 langkah, 5 langkah, 7 langkah dan seterusnya. Tetapi jarak awalan itu 10 – 15 meter. Dan yang paling penting lanhkah terakhir di percepat, langkah dipanjangkan serta badan lebih rendah melenting ke belakang (lean back).
2)      Tolakan
3 langkah yang terakhir harus cepat serta langkah panjang. Pada waktu akan menolak, tungkai yang akan dipakai untuk menolak diluruskan kedepan dimulai dengan tumit yang terkena tanah.
3)      Sikap badan diatas mistar
Sikap badan di atas mistar, setelah tungkai yang diayunkan berada di atas mistar bedan dibalikkan, perut menghadap ke mistar, tungkai tolak dilipat, lutut digerakan terbuka ke samping ke atas, lengan kanan ke bawah mistar, kepala dijatukan miring di bawah mistar.
4)      Sikap mendarat
Pada saat di atas mistar seolah-olah tidur telungkup, kepala segera diturunkan dan aki tumpu diluruskan atau disepakan ke belakang atas.
b.      Faktor-faktor yang mempengaruhi lompat tinggi
1)      Faktor kondisi fisik, antara lain : tenaga lompat, daya reaksi, kemudahan gerak, dan kecekatan.
2)      Faktor teknik, antara lain: ancang-ancang, lepas tapak, cara melampaui bilah, dan pendaratan.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mana jEnis2 gayanya coy...??
ni sih udah mantap, tp kurang

Posting Komentar